Thursday, July 28, 2016

Tips perawatan burung kenari

Cara memelihara kenari muda, yakni burung kenari yang berusia di bawah empat bulan sebetulnya membutuhkan kesabaran bagi pemiliknya, sebab terhadap umumnya, burung kenari muda ini baru bisa berkicau sehabis berumur lima hingga enam bulan. Semakin bertambahnya usia kenari muda, maka dia akan jadi rajin berkicau, sehabis itu, burung kenari akan jadi gacor sehabis dewasa dan siap kawin dengan calon pasangannya. Adapun sebagian cara yang harus dilakukan di dalam memelihara kenari muda yang tetap berumur kurang dari empat bulan, agar kami bisa memelihara kenari muda punya kami agar cepat bunyi saat terasa tumbuh dewasa.

Saat ini, ada banyak pencinta burung yang lebih suka membeli kenari yang tetap berusia muda atau apalagi sangat muda. Selain disebabkan sebab harganya yang lebih murah, kenari muda lebih ringan untuk dimaster dengan nada burung yang diinginkan.

ika Anda mendambakan mencetak kenari spesifik untuk lomba, maka kenari yang disiapkan harus berusia lebih muda, atau lebih kurang 25 – 30 hari, sebab saat itu adalah saat yang paling pas untuk mengawali proses pemasteran kenari. caramemelihara.com

Nah, tidak cuman cara memelihara kenari muda agar cepat bunyi diatas, tersebut ini ada sebagian tips perlu lain tentang perawatan burung kenari yang berusia kurang dari empat bulan agar burung kenari punya Anda jadi kenari yang berkualitas, baik dari aspek mental dari si kenari, maupun dari nada isiannya.

Setiap style burung tentu butuh nutrisi tinggi untuk mendukung perkembangan sel, bulu, dan juga perkembangan manfaat organ-organ tubuhnya. Bedanya, kandungan zat gizi dari pakan burung yang harus sesuai dengan usia masing-masing.

Kenari atau style burung lain membutuhkan pakan yang berprotein tinggi sejak tetap muda. Sejumlah ahli menyarankan untuk berikan pakan dengan kandungan protein lebih kurang 20 – 22 %. Hal ini perlu dilakukan untuk memacu perkembangan dan manfaat organ-organ tubuh kenari muda yang sebetulnya belum sempurna, tidak cuman juga untuk mendukung perkembangan badan kenari muda.

Ketika burung kenari telah masuk usia remaja (sekitar empat hingga tujuh bulan), kebutuhan protein di dalam pakan kebanyakan menurun, agar lumayan diberi pakan dengan kandungan protein 14 – 16 %. Namun, saat burung telah terasa dewasa (umur lebih kurang delapan bulan atau lebih), maka kebutuhan protein di dalam pakan burung juga akan ulang meningkat, jadi lebih kurang 17 – 20 %.

Kenari muda juga membutuhkan vitamin dan mineral. Sebagian vitamin dan mineral tersebut telah tekandung di dalam pakan biji-bijian, tapi belum mencukupi kebutuhan hariannya. Oleh sebab itu, diperlukan makanan tambahan yang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral, yakni melalui buah dan sayuran.

Sayuran berwarna hijau gelap sangat baik untuk kenari anakan sebab punyai kandungan vitamin A dan vitamin C lebih banyak, dan juga mengandung sebagian mineral seperti kalsium (Ca), fosfor (P), zat besi (Zn), dan magnesium (Mg) yang perlu untuk perkembangan burung kenari. Sayuran yang berwarna hijau tua juga jadi sumber karotenoid yang punyai manfaat untuk memerangi radikal bebas terhadap burung.

Selain itu, buah-buahan juga diperlukan sebagai makanan tambahan untuk kenari muda atau bakalan. Porsi buah-buahan sebaiknya berjumlah 1/4 anggota saja. Buah-buahan seperti peer dan apel baik untuk kenari, tapi janganlah lupa untuk mengulas kulit dan menyingkirkan bijinya khususnya dahulu. Anda juga harus mencatat bahwa tidak seluruh buah-buhan boleh dikonsumsi oleh burung kenari. Ada sebagian buah yang ‘haram’ diberikan terhadap bermacam burung kicauan, juga burung kenari, seperti alpukat dan tanaman cokelat.

No comments:

Post a Comment